Pengalaman Pertama Terbang ke Singapore #SingMal - 1

Siapa sih yang gak suka dengan yang namanya travelling. pasti suka dong. Apalagi kalau jalan-jalannya itu bareng temen, keluarga atau pacar kali ya. hehe..oke kali ini aku mau bercerita tentang beberapa kegiatan perjalananku ke luar negeri. 

Masih kawasan Asia Tenggara kok, yaitu Singapore dan Malaysia. atau kalau di singkat dengan sebutan SingMal. Perjalanan ini merupakan bagian dari agenda Study Visit yang di adakan oleh kampusku. Jadi, aku menjadi salah satu peserta untuk mengikuti Stadium General di dua Kampus.

Yaitu ke Nanyang Technological University dan Universiti Teknologi Mara. Bagiku perjalanan kali ini merupakan hal yang paling berkesan. Karena aku berangkat kesana bersama teman-teman dan dosen. kemudian ini adalah perjalanan pertamaku ke luar negeri setelah 10 tahun lebih.

trip to singapore
Trip to Singapore

Singapura adalah sebuah negara yang terkenal dengan multikulturalnya. Karena banyak para pendatang yang kemari untuk bekerja, kuliah bahkan hingga berbisnis. Hal yang menarik lagi adalah orang-orang di Singapura sepertinya tertib aturan banget. 

Jadi, ceritanya sekitar pukul 4 Pagi. aku dan beberapa temanku, sekitar 5 orang lah harus menuju bandara Adi Sutjipto Yogyakarta. Padahal penerbangan kami itu pukul 7.25 WIB. Rajin banget ya... 3 jam sebelum penerbangan harus sudah ke bandara.

Tapi gak apa-apa. aku begitu bersemangat di pagi itu, karena ini adalah pengalaman yang sangat berkesan untuk terbang ke Singapura. Pada pagi-pagi buta itu, aku mencoba mencari Driver Go-Car yang akan mengantarkan kami menuju Bandhara. aku berpikir akan sulit mencari driver go-car sepagi ini. 

Ternyata, belum sampai satu menit sudah ada driver yang ingin mengantarkan kami menuju Bandhara. Sesampainya di Bandhara ternyata, kami belum bisa masuk kedalam karena harus menunggu teman-teman yang lain.

Dan aku juga harus memastikan peserta Study Visit harus lengkap. karena waktu rapat sebelum berangkat kemarin aku di tunjuk sebagai ketua panitia lokal. yang tugasnya "sedikit" rempong lah. Pagi-pagi begini harus ke bandhara

maklum saja, jam 4 Subuh harus sudah otw ke bandhara. pasti pada ngantuk-ngantuk tuh. hehe. Tepat sekitar jam 5 subuh. kami langsung segera check in bagasi dan harus melewati bagasi. Hal yang paling penting sebelum terbang adalah selalu bawa paspor kemana-mana.

Passport harus di bawa kemana-mana
Setelah menunggu check in barang ke bagasi barulah melewati proses imigrasi. Dan kami segera menuju lapangan udara untuk naik pesawat AirAsia menuju ke Singapore.

Inilah pesawat yang akan membawaku terbang ke Singapore
Selama kurang lebih 3 Jam penerbangan dari Yogyakarta menuju Singapore. aku melihat ke arah jendela ternyata terlihat jelas Kota Jogja itu di kelilingi oleh bukit dan sebuah Gunung Merapi yang gagah. 

Tidak banyak hal yang aku lakukan di atas pesawat. selain hanya melihat indahnya pemandangan dari atas dan menikmati makanan Nasi lemak pak nasser. (maaf foto tidak tersedia). Karena teringat ketika setelah selesai makan baru mau di foto. hehe

Karena, pada malam harinya aku kurang tidur. Jadi aku lanjutkan tidur di atas  di dalam pesawat. tak terasa sangking terlelap aku tidur pesawat pun telah mulai mendarat di Kota Singapura. Bedanya kondisi cuaca di Jogja dan Singapura adalah kalau di Singapura matahari bersinar lebih terang daripada di Jogja.

Dan dari atas terlihat gedung-gedung tinggi yang menjadi khasnya Singapore. tidak heran negeri ini sangat terkenal dengan investasinya. Selang beberapa menit pesawat pun mendarat. Dan tibalah kami satu rombongan di Bandara Internasional Changi - Singapura.

Tiba di Changi International Airport

Tapi, perjuangan untuk memasuki negeri ini. tidak hanya sebatas mendaratnya sebuah pesawat. melainkan harus melewati para petugas imigrasi.  ternyata saat melewati imigrasi Singapore aku tidak di tanyakan apa-apa. cuma memberikan paspor kemudian rekam sidik jari dan paspor di cap.

Katanya sih yang menakutkan dari imigrasi singapura adalah random check imigration  yang sedikit sulit. karena harus di interview oleh petugas imigrasi. Dan beruntungnya aku gak menjadi salah satu orang yang di interview oleh pihak imigrasi.. Alhamdulillah.

Dan ternyata salah seorang pembimbing kami yang di interview oleh pihak imigrasi. kamipun harus menunggu selama kurang lebih 15-20 menit. tidak lama kemudian pembimbing kamipun selesai di interview.

Dan melanjutkan untuk mengambil barang di bagasi. di Bandara Changi aku sangat takjub karena bandaranya rapi dan bersih. arsiktekturnya juga lebih modern. dan inilah kesan pertama yang mungkin tidak bisa aku lupakan.

Setelah mengambil barang bagasi. kami segera menuju ruang tunggu untuk istirahat sejenak. karena lelahnya perjalanan di atas udara selama 3 Jam. Di ruang tunggu sepertinya sudah aman untuk memotret. Perlu di ketahui di Bandara Changi tidak sembarang tempat di perbolehkan untuk mengambil gambar.  khususnya ketika antri imigrasi hehe..

Santai dulu bro...

Dosen kekinian.. wkwk
Tim Rombongan Study Visit

Setelah puas beristirahat sejenak salah seorang tourguide menjemput dan mengarahkan kami menuju Bus. ternyata lokasi parkiran busnya ada di lantai atas. maka kamipun naik lift menuju lantai atas. dan segera masuk kedalam bis.

Di dalam bis, pak johnson mulai bercerita tentang Singapura lebih dalam. mulai dari kultur masyarakatnya. Hukum dan aturannya. aku banyak belajar dari beliau tentang keadaan Singapura saat ini.

Pak Johnson selaku tourguide ketika perjalanan
Sembari tourguide menjelaskan tentang Singapura, aku melirik ke arah jendela tentang indahnya Singapura ini. kotanya begitu rapi dan tertata. dan bangunan tinggi terlihat sejauh mata memandang.

Parkir Bis Bandara
Jalan menuju kota Singapura
Pintu Keluar Bandara
Suasana Jalanan di Singapura
Gedung di dekat bandara

Mungkin sekian dulu tentang perjalananku hingga tiba di Singapore. Banyak hal yang sangat menyenangkan selama perjalanan menuju negeri tersibuk di Asia Tenggara ini. Beberapa cerita semasa aku study visit akan aku lanjutkan di next post. Sampai jumpa...

Bagaimana menurutmu tentang Singapura?

CONVERSATION

8komentar:

  1. Boleh lah sekali kali saya di ajak travelling ke luar negeri mas hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mas, tapi traktir saya ya... hehe :D

      Delete
  2. singapura sangat tertata, nyaman banget

    ReplyDelete
  3. rasanya pengen juga bisa keluar negeri nih, tapi belum punya waktu dan dananya

    ReplyDelete
  4. Emnk singapura rapi, tertata dan bersih.

    ReplyDelete
  5. Jangankan luar negeri, luar pulau Jawa saja, saya belum pernah ^^
    Singapura juga jadi salah satu negara yang pengen banget tak kunjungi, suatu saat nanti. Selain Jepang, tentunya.

    Kalau pas di interview sama petugas imigrasi itu, ditanyain apa aja ya?
    Coba tanya sama pak / ibu dosennya dong. Penasaran saya. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Halo mas, boleh cerita tentang pembuatan paspornya?

    ReplyDelete
  7. wah seru ... kegiatan kampus sampai ke luar negri...

    ReplyDelete