OUT OF THE BOX THINKING

Out of the box thinking atau berpikir di luar kotak adalah sebuah teknik untuk berpikir dalam menyelesaikan masalah dengan cara yang tidak biasa. Serta sangat berguna dalan mengambil keputusan yang terbaik untuk menyelesaikan suatu permasalahan.Dalam pertumbuhan Industri kreatif saat ini berpikir of the box menjadi kunci utama untuk melahirkan sesuatu yang baru.

Siapa saja sih yang di anugrahi kemampuan luar biasa ini? Jawaban nya adalah semua orang. kok bisa? ya jelas bisa. Jadi, sejatinya Otak manusia di ciptakan dengan kesempurnaan yang luar biasa. Dengan kemampuan analisis berpikir dan berlogika.

Istilah Out of The Box di perkenalkan oleh Henry Ernest Dudeney seorang ahli matematika yang memberikan sebuah teka-teki yang unik kepada publik. maka, lahirlah OOTB (Out of The Box).

out of the box thinking
OOTB "Out of The Box"

Mungkin hanya sekitar 7-10% orang yang ada di sekitar kita memiliki kemampuan OOTB tersebut. tetapi bukanlah yang tidak mungkin kamu dapat melakukan cara berpikir berbeda tersebut.

Lantas bagaimana kah cara melakukan Out of The Box Thinking. Jawabannya cukup mudah ikuti step-step berikut :

Hindari Zona Nyaman

Mungkin ada yang pernah mendengar istilah "Comfort Zone"  atau yang di kenal dengan zona nyaman. hal yang terbaik untuk melatih Out of the box thinking adalah keluar dari zona nyaman. Karena intuisi seseorang akan selalu terasah apabila merasakan sesuatu yang baru. Karena kenyamanan dapat pula menjadi penghalang inovasi. maka move lah dari zona nyamanmu.



Jadilah Orang yang Berbeda

Yah, terkadang kita sering menemukan seseorang yang selalu mengambil keputusan tetapi dengan cara yang unik. ada beberapa tipe orang yang mengambil keputusan dengan dua cara. yakni rumit dan simpel akan tetapi maupun orang tersebut mengambil keputusan dengan cara yang rumit atau simpel. Terkadang cara ia mengambil keputusan terkesan sangat unik dan di luar nalar berpikir kita. Ini lah orang-orang yang selalu tampak berbeda. maka, jadilah seperti mereka...

Jangan Pernah Ragu

Ragu adalah sebuah penghambat dalam mengambil sebuah keputusan. karena keraguan lah yang menyebabkan seseorang tidak bergerak untuk melakukan sesuatu. Karena belum memiliki jalan terbaik untuk di tempuh. Oleh sebab itu buanglah keraguan tersebut amati di sekitar mu. dan lakukan dengan keputusan mu. kalaupun kita salah melakukan sesuatu akan ada manusia yang lain yang akan mengingatkan.


Menjadi Pendengar yang baik

Kalau anda adalah pendengar yang baik serta pengamat yang baik. Ini kan menjadi nilai plus bagi orang-orang yang mau melatih Out of The Box Thinking. Karena mereka akan selalu belajar dari keadaan dan selalu peka terhadap keputusan seseorang. sebuah pepatah mengatakan "jika ingin menjadi pemikir yang baik, maka jadilah pendengar yang baik". 


ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi)

ATM adalah sebuah rumus yang kini menjadi metode yang tepat dalam melatih OOTB. di zaman sekarang hampir segala sesuatu telah di temukan. sekarang tugas kita adalah melakukan modifikasi dengan sesuatu yang telah ada. Langkah awal yang terbaik sebelum menjadi orang yang kreatif. adalah dengan melakukan Inovasi terhadap pengamatan yang telah di lakukan.

Kreatifitas


Kreatif inilah goal dari seseorang yang di berikan kemampuan Out of the box. karena Ia mampu menemukan jalan terbaru dalam suatu perkara. karena memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi. Kreatifitas pula lahir melalui beberaa step di atas. karena untuk melakukan kreatifitas tersebut seseoang pasti akan melewati jalan-jalan serta liku-liku terhadap sistem yang ada. maka, dari sistem maka lahirlah sistem. Demikian lah cara orang kreatif berpikir.

Demikian tips seputar mewujudkan Out of The Box Thinking. Buat kalian yang memiliki tips lain seputar Out of the Box Thinking silahkan kirim tipsnya di komentar. Terima kasih.

CONVERSATION

2komentar:

  1. orang-orang yang cara berpikirnya out of the box, cenderung unik... menyenangkan sekali melihat mereka, sepertinya kehidupan mereka seru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, makanya orang-orang kaya gitu Inovatif sekali,,

      Delete