Bagaimana Langkah Awal Sebelum Memulai Nge-blog?

Ngeblog, kini bukanlah sebuah hobi belaka bahkan sudah ada beberapa orang yang menjadikan ngeblog sebagai profesinya. Hal ini sudah dapat kita temukan di sekitar kita. Semakin menjamurnya Travel Blogger, Lifestyle Blogger dan lain sebagainya. Mereka sukses karena berhasil menjadikan Hobinya sebagai Sumber penghasilannya.

Rencanakan strategi sebelum memulai nge-blog

Akan tetapi, Bagaimanakah langkah awal sebelum kita memulai ngeblog. Jujur saja aku mulai serius terjun ke dunia Blogging ketika memasuki akhir tahun 2017. Sebelumnya aku mengenal nge-blog ketika tahun 2012. Pada saat itu, aku masih belum mengenal dunia Blogging sepenuhnya. Mulai dari Blog itu apa, Membuat tampilan Blog itu seperti apa. dll. Aku masih sangat gaptek pada saat itu.

Lambat laun seiring berjalannya waktu, Aku jadi mulai mengerti bahwa pada hakikatnya menulis harus membutuhkan jiwa sastra yang baik. Melalui ngeblog lah aku selalu mendalami bagaimana cara menulis yang baik. Dan belajar membangun sebuah konten yang bagus. Walaupun pada saat ini. Blog ini masih sangat jauh dari Kata Sempurna. Karena aku masih dalam tahap belajar dan berharap suatu saat ini akan banyak orang yang membaca apa yang aku tulis di Blog ini.

Fase-fase yang paling terberat bagi seorang Blogger adalah membangun sebuah blog itu dari awal. Maka ada  beberapa hal yang harus menjadi perhatian dan pertimbangan bagi seorang Blogger. Aku mulai serius menggarap Blog ini sejak Agustus 2017. Dan mencoba untuk mulai konsisten di awal tahun 2018 ini.

Kira-kira langkah apa saja yang harus di ambil oleh seorang Blogger Pemula sebelum terjun di dunia Blogging atau Nge-blog. Catatan ini adalah pure pendapat dariku. Jika, teman-teman punya tips yang berbeda silahkan share di kolom komentar.

1. Niat

Niat adalah langkah awal sebelum kamu benar-benar mencoba untuk nge-blog. Tetapkan Niat sebelum melakukan usahamu sendiri. Apakah tujuan awalmu untuk memulai Blog. Apakah sebagai hobi atau sebagai salah satu sumber penghasilanmu. maka, hal tersebut harus di bulatkan sebelum kamu terjun ke dunia Blogging. 

Ketika kamu hendak memulai untuk ngeblog, maka jangan lah berorientasi terlebih dahulu kepada "Uang". Aku pernah mengalami hal demikian, akan tetapi hal tersebut justru tidak akan membuatmu menjadi maju. Sejak saat itu aku mulai sadar. sebelum memulai sesuatu cobalah luruskan niat. Dan yang yang paling penting belajar untuk ikhlas.

Setiap usaha pasti akan ada hasilnya. Baik cepat ataupun lambat. Maka, hal yang terpenting dalam sebuah Blog adalah konten yang berkualitas. Lebih baik Niatkan bahwa sebelum memulai Blog maka lahirkanlah konten yang berkualitas dengan niat yang lurus. 

2. Belajar Nge-Blog

Ada banyak platform yang dapat kamu gunakan untuk ngeblog. Baik itu Blogspot ataupun Wordpress. Hal yang terpenting adalah kamu harus dapat menguasai platform tersebut dengan sebaik-baiknya. Setelah kamu mengerti tentang platform tersebut. Maka, belajarlah untukmenulis artikel dan mungkin juga SEO yang baik. Untuk belajar nge-blog kamu dapat mengunjungi beberapa laman yang memberikan Ilmu tersebut.

Bahkan dapat bergabung di beberapa grup Blogger di facebook. Hal ini akan membantumu untuk belajar. Karena tidak ada sesuatu ilmu yang akan kau dapatkan secara instan selain belajar. 

3. Pilihlah "Niche Blog yang tepat"

Terkadang sering kali sebuah Blog memiliki tulisan/postingan yang gado-gado. Dan aku tidak menyalahkan Blog tersebut. Tetapi, aku sering mendengar saran bahwa Blog yang baik  itu harus berfokus kepada Niche yang tepat. Niche pada sebuah blog di sini adalah sesuatu apa yang akan kamu tuliskan. Apakah itu tentang Travelling, Lifestyle, passion, Hobi, bahkan diary mu sendiri. Silahkan ceritakan Niche Blog mu tersebut pada sebuah halaman "tentang". 

Kamu dapat memilih niche berdasarkan hal-hal yang telah kamu kuasai. Seperti tentang Teknologi, Parenting, Bisnis atau lainnya. Karena dengan menuliskan hal yang kamu kuasai akan menjadikan Blogging adalah media yang dapat meningkatkan wawasanmu.

4. Temukan "Passionmu" dalam menulis

Tulisan,tulisan dan tulisan. Mungkin hal yang lebih sulit oleh seorang blogger adalah proses menulis sebuah postingan atau artikel. Sering kali kehabisan Ide, atau struktur bahasa yang acak kadul. Aku juga masih tahap belajar dalam menulis sebuah postingan. Saat ini aku sedang belajar teknik menulis berbasis NLP (Neuron Language Programming). 

Dan aku juga masih belajar untuk menyempurnakan tata bahasa agar bisa lebih komunikatif dengan pembaca. Untuk itu aku selalu mencari blog-blog yang memiliki teknik penulisan yang baik dan selalu mengamati apa yang membuat tulisannya menjadi menarik. Kemudian aku mencoba untuk menulis sesuai dengan gaya bahasa ku sendiri. 

Maka, dengan cara ini lah aku belajar untuk terus mengembangkan teknik penulisan yang baik. Menulislah layaknya kamu sedang berbicara dengan pembacamu. makanya dalam sebagian besar artikel aku lebih suka menulis dengan sudut pandang orang pertama. Untuk teknik penulisan itu kembali lagi kepadamu.

5. Komunitas

Bergabung dalam sebuah komunitas Blogger dapat membantumu untuk belajar menjadi seorang blogger. Hingga saat ini keberadaan komunitas Blogger sangat membantumu untuk growth up skill mu baik itu dalam menulis. Atau dalam teknik Blogging yang lainnya. melalui komunitas jalin silahturahmi sesama blogger akan dapat terjalin.

Beberapa komunitas Blogger yang aku tahu ada yang namanya Warung Blogger, Blogger Perempuan, Blogger Indonesia dll. Kamu dapat  mencari info tentang komunitas di kolom pencarian facebook ataupun di search engine Google.

6. Konsisten

Nah, pada titik inilah kemampuanmu yang sebenarnya akan ditantang. Apakah kamu akan serius dalam nge-blog atau tidak. Konsistensi adalah hal yang sangat penting yang dimiliki oleh seorang blogger. Seperti kamu harus merawat blogmu. menjadwalkan waktu kapan harus posting artikel terbaru dll.

Konsisten adalah hal yang sulit bagi sebagian Blogger. karena terkadang sebagian dari mereka akan terputus di tengah jalan karena merasa hal tersebut menjadi sia-sia. Padahal blog yang ia bangun bisa berpotensi besar untuk berkembang di kemudian hari.

Maka tetaplah konsisten dalam menulis dan mengembang konten pada Blogmu. Sering-seringlah untuk rajin mengupdate kontenmu di 3 bulan pertama. Ketika kamu telah mencapai saat di bulan-bulan berikutnya maka kamu akan terbiasa.



Itulah tadi tips-tips singkat langkah awal sebelum memulai ngeblog. Di sini aku bukan bermaksud untuk mengajarkan tetapi hanya mengabarkan. Aku sendiri masih membutuhkan waktu untuk terus belajar menjadi seorang content creator yang baik dan akan terus mencoba untuk berkembang. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 


CONVERSATION

8komentar:

  1. Setujuuuu banget Pak dengan semua yang ditulisnya. Saya baru belajar nulis n ngeblog juga. Dari sejak awal ngeblog, saya udah serius membangun blog saya. Dan bulan depan 1 tahun saya ngeblog. Betul sekali sebagai blogger pemula kita harus terus luruskan niat awal kita ngeblog bukan karena uang. Soalnya klo niatnya krna uang. Itu bikin lelah. Allhamdulillah saya akhirnya pernah mendapatkan uanh dari ngeblog juga dan dimuat tulisannya di beberala media. Bagi saya itu adalah bonus. Smg slnjutnya saya bisa konsisten terus membangun blog saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, kalo blog mbak telah berkembang dgn baik. Semoga lancar dan sukses selalu. hehe,

      Delete
    2. Saya setuju soal jangan niatkan ngeblog untuk yang...mungkin in persoalan value masing-masing ya. Kalau Saya pribadi, ngeblog merupakan tempat until berbagi cerita Dan hal positif ke pengunjung blog Saya.

      Kebetulan Saya hobi nulis Dan hal2 yg berbau pengembangan diri. Jadi walaupun masih sedikit gado-gado, Saya coba memfokuskan blog Saya ke niche itu. Sempet kepikir buat blog baru sih, tapi tar malah nggak fokus.

      Hehehe...

      Delete
    3. terima kasih sharingnya mas, semakin banyak belajar, kita bisa karena terbiasa. :). sukses mas

      Delete
  2. Jd inget masa2 baru nulis di blog. Dari awalnya gado2, sampe skr berniche traveling dan kuliner. Masih blm tertarik utk memonetisasi blog, krn buatku, blog ini pure hanya utk sharing ttg cerita jalan2ku :), sekalian nyalurin hobi nulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren mbak, semoga blognya bermanfaat bagi banyak orang.

      Delete
  3. Hai, Mas Restu.
    Sebelumnya salam kenal ya.
    Terima kasih udah follow di instagram, jadi aku follback dan tahu blognya terus main kesini.
    oh, ya kok bisa follow instagramku, Mas? Tahu darimana?

    Ternyata mas Restu ini kuliah di Amikom ya. Semoga bisa silaturahmi nantinya..
    Btw, ulasang langkahnya memang benar dan aku setuju. Niat itu memang penting, terkadang ngeblog hanya sekedar ikut-ikutan tanpa niat, itu akan berakibat berhenti di tengah jalan.

    Konsisten juga perlu, dengan konsisten bisa dipegang, gabung komunitas itu akan lebih kuat.
    Nice share, Mas. Semoga bisa terjalin silaturahmi lewat blog ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan kemarin aku nyasar ke Blognya mas, isinya bagus-bagus jadi penasaran siapa dibalik penulisnya, hehe. ketemu sosmednya di Blog terus aku kepoin deh.. hehe Salam Kenal mas. aku masih baru di Jogja,

      Delete