Alasan Aku Memilih Menjadi Personal Blogger

Personal Blogger adalah Blog yang di kelola oleh seseorang dengan topik sesuai dengan "kehendak" si pemilik blog. Berbeda dengan Niche Blogger yang topiknya di tetapkan berdasarkan tujuan atau genre Blog tersebut.

Menjadi Personal Blogger
Personal Blogger

Awalnya aku sempat bimbang apakah memilih sebagai Niche Blogger atau sebagai Personal Blogger. Karena keduanya memiliki persepsi terhadap memberlakukan blog secara berbeda. Banyak pendapat-pendapat dari para blogger sebaiknya menjadikan blog harus sesuai dengan niche nya.

Akan tetapi, aku punya sedikit pandangan yang berbeda tentang ini. Menjadi Niche Blogger juga bagus karena kita hanya berfokus pada satu tujuan tulisan dan konsisten terhadap sebuah bidang tertentu. Serta semakin sering kita mengupgrade wawasan di bidang tersebut. Maka, kita dapat menjadi ahli di suatu bidang itu.

Lalu mengapa aku memilih menjadi Personal Blogger? Ada banyak alasan aku memilih menjadikan blog ini sebagai Personal Blog. Berikut Alasannya :

#1 Aku suka Menulis banyak Hal

Menjadi seorang Blogger tidak terlepas dari yang namanya tulisan. Teman-teman di sekitarku bilang "katanya" aku adalah anak yang multi talent. Jujur aku sangat menyukai beragam bidang disiplin Ilmu. Mulai dari bidang Teknologi, Sosial, Budaya, Sejarah, Agama & Sains. serta lainnya.

Aku suka beropini, untuk beropini melalui tulisan aku memanfaatkan media Blog sebagai tempat berekpresi. Menjadikan blog ini sebagai blog personal akan membuat aku menjadi lebih mudah untuk menulis sesuatu tanpa adanya batasan suatu kategori tertentu.

Hal itu lah yang membuat aku tidak kehabisan Ide untuk menulis. dan akan tetap terus menulis sesuai dengan Bidang-bidang ilmu yang aku sukai.

#2 Nama Blog

Nama blog ini adalah "Restuhaqza | Personal Blogger". Blog ini beralamat di www.restuhaqza.com. Di balik nama tersebut adalah Do'a yang menggambarkan bahwa blog ini adalah Personal Blog. Nama Restuhaqza adalah namaku. Jadi, orang-orang akan tahu bahwa Blog ini di kelola oleh satu orang.

Dan blog ini di bangun pada awalnya, hanya karena iseng ingin punya blog. Kalau misalnya aku nulis namaku di Google bakalan muncul. hehe, Tapi sekarang Ngeblog malah menjadi Hobiku sehari-hari. dan jadi kecanduan deh.

#3 Lebih Bebas Berekspresi

Seperti yang aku katakan sebelumnya. Personal Blog biasanya menulis sesuai dengan keinginan hati si pemilik Blog tanpa ada batasan Niche tertentu. Aku menyukai hal ini, karena lebih bebas berekpresi.

Jadi, Uniknya Personal Blog itu... Aku menjadi bebas berinovasi dan berkreasi melalui tulisan tanpa harus kehabisan Ide untuk menulis. Tapi tetap saja aku akan membuat postingan sesuai dengan kemampuan dan pemahaman yang aku miliki.

Itulah 3 alasan sederhana aku lebih memilih terjun sebagai Personal Blogger. Mungkin dengan menjadi Personal Blogger aku bisa menjadi leluasa untuk menuliskan sesuatu tentang Travelling, Teknologi, Opini dll.

Semoga langkah awal ini dapat memajukan blog ini untuk terus berkarya dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Sampai Jumpa...

CONVERSATION

26komentar:

  1. Ini buat syarat gabung BE kah bang? Atau bukan? hehe

    But anw, personal blogger lebih bebas, sekalian personal branding juga ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan gan, rencana ane pengen join ke BE, tapi belum buat artikel syaratnya, hehe

      Delete
  2. Aku juga pngen punya blog personal nich, biar bebas berekspresi

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah enaknya jadi Personal Blogger, tapi niche blog juga bagus kok. :)

      Delete
  3. saya pernah punya blog personal, isinya ya gado2, sampai beberapa tahun ngeblog bertahan dengan blog tersebut, cuma sayangnya saya tidak bisa menciptakan kesan /ciri khas di blog tersebut, saya merasa blog tsb tidak lagi bisa dikembangkan,

    sampai akhirnya saya membuat blog personal lainnya, tapi hanya 2 hal yang saya bahas yaitu finansial dan pekerjaan. sangat sesuai dengan apa yang saya sukai saat ini, untuk menulisnya pun cukup mudah bagi saya.

    saya juga tidak menargetkan harus sekian post setiap minggu, karena memang saya anggap personal meskipun memiliki niche. saya hanya update 2 post/bulan saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terima kasih, sharingnya mas. ternyata personal blog ternyata juga bisa membahas niche tertentu. salam sukses mas..

      Delete
  4. blog saya personal meski namanya aneh wkwkw
    buat saya sih yg penting ekspresi ya buat pelampiasan aja dari kesibukan di dunia nyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelampiasan ekspresi dengan aksara...

      Delete
  5. kalau aku sih krn suka nulsi , jadi apa saja aku tulis di blog

    ReplyDelete
  6. Saya pribadi juga melabeli blog dengan embel-embel "personal blog". Tulisannya pun campur-campur. Tapi makin kesini saya sepertinya mau fokus ke 3 niche saja. Curhatan, jalan - jalan, dan satu lagi niche "blog quiz hunter". Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah juga ya niche 'blog quiz hunter'.. hehe

      Delete
  7. Wah kalau saya nama domain blognya diambil dari nama saya. Tetapi blog saya berniche parenting dan isinya memang tentang parenting. Nah berarti saya lebih cocoknya ke personal blogger atau niche blogger ya? Bingung menamakan diri sendiri hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti personal niche blogger namanya mbak.. :D

      Delete
  8. Saya punya blog2 berniche yang akhirnya berguguran. Akhirnyq saya jg fokus untuk mengelola blog personal saja. Supaya bebas nulis apa yf ingin dituliS

    ReplyDelete
  9. Kalo saya punya 2 blog
    satunya khusus ada niche
    dan satunya lagi personal blog
    karena menurut saya jadi personal blog itu asyik
    bebas menulis yang kita ingin kan di blog
    tanpa ada batasan niche tertentu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas yang suka nulis curhat-curhat di mysatnite.com ya.. blognya keren loh mas.. salam kenal

      Delete
  10. setelah baca blog ini, saya baru paham, saya termasuk personal blogger. salam kenal mas. saya follow blognya ya

    ReplyDelete
  11. Tadinya saya kira juga syarat buat masuk BE. Ternyata bukan.
    Ya kurang lebih alasan saya memilih Personal Blog juga seperti itu, sayangnya sampe sekarang saya belum nemu ciri khas yang pas buat saya itu apa.
    Btw, ciri khasmu apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku saat ini lebih suka nulis tentang Teknologi sama lifestyle aja, mungkin kedepannya bakalan nulis tentang travelling juga, hehe

      Delete
  12. Kalo aku sih setuju setuju saja. Karena semua memiliki keinginan dan pandangan lain. Dalam rumah berjalanku pun seperti itu. Tidak seputar hobbyku saja, kadang juga kata kata liar yang berserakan di pikiranku coba kutuliskan. Terus semangat mas

    ReplyDelete
  13. Bener banget nih artikel. Yang jelas personal blog lebih menguntungkan karena kita bisa menulis sesubjektif mungkin. Haha

    Cocok buat endorsement, dan lain2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maybe, ada yang mau endorse aku mungkin.. 😁

      Delete