#JOGJA : Candi Prambanan Historis nan Menarik

Menelusuri kota Yogyakarta, tiada habisnya dengan suguhan beragam keunikan yang tak dapat terlupakan. Sepenggal kisah perjalananku menapaki kaki di kota tercinta ini adalah anugrah yang luar biasa. Aku mengenal kota Jogja sebagai peradaban yang unik, karena menyimpan bukti historis yang menarik.

Suasana Candi Prambanan


Siapa sangka first experience yang membuatku terkesan. aku berkesempatan mengunjungi sebuah candi yang konon katanya di dirikan dalam satu malam. Yakni, Candi Prambanan atau lebih di kenal dengan Roro Jonggrang Temple ini. Dalam sejarahnya candi ini telah berdiri sejak abad ke-9 Masehi. 

Nama Candi Prambanan terkenal dalam sebuah kisah legenda Roro Jonggrang. dalam mitosnya candi ini dibangun hanya dalam waktu semalam. ketika Bandung Bandowoso hendak mempersunting Roro Jonggrang sebagai istrinya. Dan syaratnya adalah Roro Jonggrang meminta untuk di bangunkan 1000 candi dalam satu malam. Akan tetapi cinta berkata lain, Roro Jonggarang berkhianat dan pembangunan candi tidak selesai. konon Roro Jonggarang menjadi pelengkap candi keseribu atas kemarahan Bandung Bandowoso tersebut.

Itu lah kisah singkat berdasarkan cerita turun temurun tentang Candi Prambanan. Aku sangat senang ketika melihat kemegahan candi ini. dan terkesan takjub akan kisah legendanya. Karena Candi Prambanan adalah candi pertama yang pernah aku kunjungi. 

Yah... namanya juga pengalaman pertama melihat candi secara langsung. Pasti akan menjadi kesan yang membekas nih..hehe
Btw, Sebelum ayahku pulang ke Riau pada bulan Juli lalu. Dia mengajakku untuk travelling ke beberapa destinasi wisata di DIY. Yogyakarta. Salah satu rekomendasinya adalah Candi Prambanan. Yah aku manut wae.. Awalnya, aku ingin melihat candi Borobudur. tetapi karena lokasinya berada di Magelang. sementara aku pada saat itu berada di Sleman dan menempuh jarak yang cukup jauh setelah dari Merapi.

Candi Prambanan
Luar Biasa, megahnya Candi Prambanan

Wisatawan Candi Perambanan
Foto dulu... Cekrek... cekrek



Maka, kami singgah lah di Candi Prambanan ini. ternyata di komplek Candi Prambanan sendiri sangat luas. di dalamnya terdapat lapangan panah. beberapa hewan yang di pelihara seperti Rusa kemudian ada burung juga.  Tapi burung apa ya namanya...? lupa.

Rusa di candi prambanan
Ini rusa atau kancil ya?...

Awesome bae lah...

Setelah berpuas hati, foto-foto di luar kamipun bergegas melihat ke lokasi Roro Jongrang Temple. jaraknya dari pintu gerbang masuk ke arah candi cukup jauh sih kalau berjalan kaki. Tapi gak perlu bersusah hati. nikmati saja suasana sekitar komplek candi tersebut. 

Payung bergantung di candi prambanan
Payung warna-warni

Akhirnya Sampainya juga di Roro Jonggrang Temple
Tinggi banget..
Salah Satu ukiran patung di Candi Prambanan
Wah, keren banget ini candi. jadi ceritanya waktu aku masuk kedalam candi tersebut di dalamnya kaya ada patung gitu. tapi rada gelap sih di dalamnya. Jadi, Silahkan deh buat teman-teman semua yang mau berkunjung ke Candi Prambanan. Sambil mempelajari sisi historis tentang Candi tersebut. dan Exploring sendiri deh. hehe. untuk tiket masuknya waktu itu aku di kenai tarif sekitar Rp. 40.000 untuk dewasa. mungkin kalo untuk anak-anak sekitar 15.000an ya. Sekian dan #SalamTraveller

"Tekan shuttermu, bidik fokusmu" ~Restuhaqza

CONVERSATION

0komentar:

Post a Comment