Jatuh Hati Dengan Open Source


Setelah kurang lebih 4 bulan menikmati dunia kampus. Yang nyatanya tidak seindah di masa SMA. Kalau aku boleh flashback, dulu sewaktu kelas 3 SMA. Aku berpikir setelah lulus SMA akan merasakan hal yang mungkin menyenangkan. Membayangkan belajar di bangku Kuliah justru bakalan lebih santai.  Iya sih santai... Tapi, kalau di tanya soal tugas? Bakalan bertambah banyak tuh tugasnya. Selesai satu, tumbuh seribu.

Kuliah hanyalah sebuah batu loncatan, Mending gue jadi WIBU aja.. ~Kata Temen..

Bukan cuma aku aja yang merasakan hal demikian. Beberapa temenku sewaktu SMA ketika bertemu dengan mereka. Mereka justru menceritakan "deritanya" sebagai Maha-Siswa. Tidak terlepas dari kisahku sebagai Mahasiswa baru. Hal yang mencolok sebagai Mahasiswa itu... Ia harus mengurus hidupnya sendiri.. ya sendiri..

Nyuci baju sendiri, makan sendiri, tidur sendiri. belajar sendiri, Ketemu Dosen buat ttd KRS juga sendiri. Di balik kesendirian inilah, Aku belajar untuk mandiri. Mengasah kemampuan jati diri. Jadi, setelah merasakan menjadi seorang Mahasiswa dengan gelar anak IT itu... Rasanya adalah sebuah kebanggaan. Karena bisa berkomunikasi secara langsung dengan yang namanya komputer. Dengan menguasai beberapa Bahasanya. Like that : Phyton, C&C++, Java, PHP, Node.JS dll.

Di Kampus itu, kamu tidak akan terlepas dari yang namanya Organisasi & Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Melalui dua hal tersebut adalah sarana efektif untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirimu. Aku mencari informasi UKM mana yang bakalan cocok dengan passionku. Hampir semua UKM banyak cocok dengan minatku. Seperti Coding, Multimedia dll.

Jadi ceritanya, sewaktu ada pameran tentang UKM. Ada satu stand yang unik. Namanya FOSSIL singkatan dari Free Open Source Interest League. Awalnya, aku mengira UKM ini adalah UKM tentang arkeologi. Do you know lah... Eh, ternyata perspektif ku salah besar. Sewaktu aku melihat standnya banyak di pamerkan dengan yang namanya "Linux". Memang sih, banyak orang yang tidak familiar dengan yang namanya linux.
free open source interest league
Sebenarnya, sewaktu aku SMA dulu, aku udah mencoba menggunakan linux. Tapi buat sekedar belajar sebagai *ehm.. (hekel). Di standnya FOSSIL, aku melihat sebuah OS yang animasi & designnya keren banget. Namanya AMIGOS, Tampilannya mirip banget ama OS Jendela. ternyata  yang membuat OS tersebut UKM FOSSIL. Langsung deh, aku jatuh hati ama ini linux. Bahkan catatan ini, aku tulis di OS Linux dari Distro ParotSec.

Tampilan Parrot Sec
Tampilan ParrotSec


Dari banyaknya Distro Linux, mulai dari Ubuntu, Kali Linux, Linux Mint, Sabily, dll. akhirnya Netbook ketemu dengan jodohnya. yaitu ParotSec. maklum, masih user Intel Atom. Distro ini ringan banget di Laptopku. dan tools buat pentest juga lengkap. Hal ini membuat aku makin jatuh hati sama ini salah satu produk open source.

Setelah bergabung dengan FOSSIL, aku mulai ikutan deh, beberapa kelas yang di adakan oleh FOSSIL. aku mengambil divisi Linux Fundamental. buat mempelajari seluk beluk linux tersebut. Tujuanku bergabung ke UKM ini karena mengambil alternatif di balik mahalnya harga software yang mahal sekarang ini.



Untuk di ketahui, Open Source adalah sebuah lisensi sumber terbuka. Dimana setiap program Open Source itu dapat kita gunakan dan kita modifikasi sesuai dengan kebutuhan kita. Linux merupakan salah satu Sistem Operasi yang dapat kita modif sesuai dengan kebutuhan kita.

Teruntuk kamu yang mau menyicipi OS buatan FOSSIL yaitu AMIGOS. dapat mengunduhnya di link berikut http://s.id/downloadamigos.

Sekian sharingku kali ini, see you next time...

Salam Kreatif
Restuhaqza - Creative is Cool


CONVERSATION

0komentar:

Post a Comment