[E-Diary] Hijrahnya Perjalanan Musafir Ilmu #1 Jogjakarta


Assalamu'alaikum Wr. Wb... (Biar berkah di jawab dong dengan semangat)
Setelah sekian lama saya tidak menulis di blog ini. akhirnya kembali saya menulis untuk kisah perjalanan saya berjuang memasuki Perguruan Tinggi. Walaupun setelah selesai melewati pertempuran di masa SMA selama tiga tahun. dan selama beberapa bulan melewati masa-masa "kritis pelajar" yap, Ujian-ujian dan ujian. yah tapi saya telah berhasil melewati beberapa prosesnya mulai dari Ujian Semester, USBN, UAS dan yang terakhir adalah UN. tetapi hal yang membanggakan adalah saya telah di nyatakan LULUS dari bangku SMA. walaupun hasilnya biasa-biasa aja. Setelah lulus selanjutnya Apa? yah inilah masa-masa menegangkan yang akan  kamu hadapi. yaitu berusaha masuk perguruan tinggi. Tetapi saya harus menerima kenyataan pahit yang di rasakan hampir seluruh Pelajar di Nusantara. yaitu Tidak lulus masuk PTN..:(. awalnya sih saya telah memilih satu kampus pilihan untuk saya tuju sejak naik kelas 3 SMA (but my dream is was change). tetapi perjuangan saya masuk PTN juga bukanlah hal yang sia-sia kok. awalnya saya mencoba jalur Kemitraan UGM eh dinyatakan gak lulus Seleksi Berkas. kemudian saya mendapat kesempatan emas untuk mendapatkan jalur SNMPTN. Saya memilih Jurusan dengan peminat paling banyak yaitu Sistem Informasi di Universitas Indonesia sebagai pilihan utama saya. dan pilihan selanjutnya adalah Informatika di UIN SUSKA Riau. dan hasilnya tetap di tolak. Saat itu juga kembali tren hastag #HariPatahHatiNASIONAL karena banyaknya pelajar yang tidak keterima di PTN pilihannya. hal yang membuat saya sedih lagi pada saat itu adalah Sahabat saya justru keterima di jurusan Sastra Indonesia di UNDIP melalui jalur SNMPTN. nah dari sini lah saya mulai melirik beberapa perguruan swasta termasuk perguruan di luar negeri. mulai dari CBT kampus UII lalu mendaftar di Waikato University di negara NEW ZEALAND hingga Selanjutnya saya mencoba mendaftar ke UMN Serpong jurusan Sistem Informasi melalui jalur prestasi. karena harus menunggu lama pengumumannya saya mencoba mengikuti SBMPTN dengan memilih ITS dan UIN SUSKA. ternyata PTN bukan rezeki saya. yap saya di tolak lagi. eitss... tapi tunggu dulu 2 minggu setelah pengumuman SBMPTN, saya mendapat kabar dinyatakan lulus di UMN Serpong dengan jurusan SISTEM INFOMASI melalui jalur prestasi. tapi setelah melihat Surat Keterangan dan biaya. pupus lah harapan saya karena biayanya yang terlalu tinggi. 

Saya mulai berfokus pada satu PTS yang tidak jauh dari tempat saya tinggal yaitu di UIB. but saya mendapat pilihan dari orang tua. mau lanjut di Batam atau Jogja?. dengan  senang hati saya memilih kota Jogja yang terkenal sebagai Kota Pelajar tersebut. dari sinilah perjalanan "Hijrah" saya di mulai. Perjalanan saya menempuh PTN dan PTS telah terbayarkan mungkin kesulitan saya adalah saya tetap berfokus pada jurusan IT. because IT adalah passion saya. dan jurusan IT menjadi salah satu jurusan dengan peminat terbanyak di Indonesia. dan Allah belum mengabulkan do'a saya. karena pasti ada pilihan yang terbaik.

Dari Riau saya bertolak ke Jogja pada tanggal 18 Juli. setelah tiba di Jogja, saya langsung menuju ke salah satu pesantren tempat saya akan mempelajari ilmu Agama dan tempat saya tinggal di Jogja. pada keesokan harinya saya mengajukan berkas untuk melamar di kampus yang bernama Universitas AMIKOM Yogyakarta. yah.. mungkin sebagian orang belum mengetahui kampus ini. faktanya Kampus ini adalah salah satu tempat lahirnya para animator Indonesia yang di bawah lembaga bernama MSV Picture. salah satu karya yang paling di kenal di kampus ini adalah sebuah film yang berjudul "Battle of Surabaya". Kalo mau menyaksikan filmnya teman2 bisa nonton di Maskapai Garuda Indonesia. hehe, udh segitu dulu iklannya lanjut.... setelah saya mengajukan berkas. eh saya malah harus ikutan Ujian masuk. aduh mulai mumet kepala saya. baru juga sampai di Jogja. kemudian langsung ke kampus, lalu malah di suruh Ujian. saya kira jadwalnya tanggal 22 Juli atau hari Sabtunya. ternyata nanti takut bentrok sama jadwal kuliah umum. ya saya langsung aja memilih ujian pada hari itu juga. Soal yang di Ujian kan ada sekitar 100 Soal. yang harus di selesaikan dalam waktu 120 menit seingat saya. yah. soalnya terdiri dari soal TPA, TKD, analitika, Matematika, Bahasa Inggris. mungkin itu ya. setelah selesai ujian saya menunggu hasil sekitar hampir 30 menit. Alhamdulillah saya di nyatakan lulus Ujian Masuk. yah selanjutnya saya harus melanjutkan ke kegiatan kampus berikutnya. Kuliah Umum. kemudian ambil mata kuliah 2 SKS yang di berinama "Pelatihan Super Unggul". Satu lagi saya sampaikan biaya Kuliah di AMIKOM juga termasuk murah loh di Yogyakarta. gak berbeda jauh dengan PTN. Kalo teman-teman mau kuliah IT. AMIKOM salah satu kampus Rekomendasi saya. karena Labor Komputer & Multimedianya terlengkap di Wilayah Kopertis 5. Jadi tunggu apa lagi.... ^_^

Saya memiliki Harapan&Impian untuk menjadi seorang Musafir dalam mempelajari Ilmu bukan hanya di dalam Negeri, tetapi hingga ke mancanegara karena di luar sana banyak hal-hal yang dapat saya pelajari. Inspirasi saya adalah Ibnu Batutah. seorang Pengembara yang Catatan petualangannya menjadi rujukan Dunia. dan perkataan Baginda nabi Muhammad beliau bersabda :

"Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri China" ~Muhammad SAW
Mempelajari Ilmu itu harus di imbangi antara ilmu Dunia dan Ilmu Akhirat. karena Ilmu Dunia tanpa di barengi dengan Ilmu Agama itu bagaikan orang yang buta. sedangkan ilmu Agama tanpa di barengi dengan Ilmu Dunia bagaikan orang yang pincang. Inilah salah satu alasan saya untuk memilih Mondok sambil Kuliah. dan Ingat satu hal Hukum menuntut ilmu adalah wajib. karena Ilmu yang kita pelajari tidak akan pernah habis. walaupun sejak kita di dalam buaian hingga ke liang lahat.

Sekian dari mungkin saya akan selalu fokus dalam Blog ini untuk kedepannya. Wassalam.

Restuhaqza - Creative is Cool


CONVERSATION

0komentar:

Post a Comment