[E-Diary] Calon Maha-Siswa


Mungkin memilih Perguruan Tinggi menjadi dilema yang di alami oleh setiap pelajar yang telah berada di ujung tombak. khususnya kelas XII yang sudah berada di semester II. Inilah yang menimpa saya di saat ini setelah melewati beberapa jenjang pendidikan yang di hitung-hitung sudah hampir 12 Tahun di tambah lagi pendidikan TK 2 Tahun. Jadi total semuanya 14 Tahun???.. Apa 14 tahun? Ya itulah faktanya. Tetapi kalo untuk menuntut ilmu jangan tanggung-tanggung karena pepatah mengatakan.


"Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina" ~Pepatah 

Canggih juga tuh pepatahnya, tenang sob kita masih berada di Asia. Indonesia ke China itu dekat. Toh silahkan yang mau mencari Ilmu Ke Cina.. hehe.. tapi maksud saya seberapapun jauh kamu mau menuntut ilmu tetap tidak akan ada habisnya. Karena pepatah lain juga mengatakan

"Tuntutlah Ilmumu sampai Keakarnya" ~ Masih Pepatah

"Carilah Ilmu sampai keliang lahat" ~Pepatah Juga

Wih,, banyak juga yang memotivasi kita untuk menuntut ilmu,, kalo masih gak tau juga perkara suatu ilmu tanyakan saja pada rumput yang bergoyang??.. yah mungkin ada yang bisa menjelaskan filosofinya.
Oke kita kembali membahas mengenai "Mahasiswa". Apa sih mahasiswa itu : 
Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas. Sepanjang sejarah, mahasiswa di berbagai negara mengambil peran penting dalam sejarah suatu negara.
Yah itulah pengertian secara umum seorang mahasiswa. bahkan dalam perkembangan sejarah pun mahasiswa menjadi andil dalam sejarah dan peradaban manusia. Sekarang yang menjadi dilema adalah Apakah Aku, Kamu, dan Kita telah siap menyandang gelar sebagai seorang calon "Maha" Siswa?..

Pertanyaan besar yang menjadi titik berat bagi kita sebelum menjadi mahasiswa. bahkan bingung untuk memilih Jurusan dan Kampus. yang awalnya memilih Jurusan A terus berubah ke Jurusan B karena ikut-ikut teman. So. jadi kalo mau menjadi Calon Mahasiswa yang budiman tetaplah konsisten pada pilihan Jurusan yang sesuai dengan Passion mu. jangan sampai ikut-ikutan orang, eh malah terjerumus kedalam kesesatan karena salah pilih Jurusan. kalo udah mantap dengan Jurusan yang kamu pilih berikutnya adalah memilih kampus yang sesuai dengan lingkungan dan kondisi keuangan. kalo soal memilih kampus mungkin belum bisa saya sharing. karena saya sendiri juga masih mencari kampus yang sesuai untuk saya. toh pesan saya survey-survey aja atau tanya-tanya kepada yang sudah berpengalaman dan yang paling penting silahkan konsultasi dengan Ayah dan Ibu mu. karena pendapat mereka sangat memberikan dampak yang besar kepadamu di masa yang akan datang.


Sudah banyak kampus-kampus yang datang ke sekolah saya untuk mengenalkan keunggulan dari masing-masing kampus tersebut. tetapi satu impian saya sejak duduk di bangku MTs adalah saya ingin menjadi salah satu Mahasiswa Sistem Informasi di Universitas Indonesia yang ternama itu. hehe.. kan gak ada salahnya bermimpi. yah. walaupun mimpi itu terlalu tinggi bagi saya. tapi paling tidak apa bila saya terjatuh maka saya akan jatuh di antara ribuan bintang. Sejak pertama kali mengenal dunia Digital. tahu mengenai komputer, internet dan multimedia. hal ini yang menyebabkan saya ingin belajar lebih dalam lagi tentang Ilmu IPTEK. maka alasan saya adalah memilih Jurusan yang berhubungan dengan Multimedia dan Dunia Digital. kalaupun di Universitas Indonesia bukan rezeki saya. Masih banyak kok kampus lain yang punya Jurusan yang sama. yah inti nya tetap pada niat menuntut Ilmu. Saya juga minta Do'a dari teman-teman semua agar bisa menjadi salah satu mahasiswa yang budiman dan tetap berada pada jalurnya. Kalo ada yang punya Saran atau Tips untuk menjadi mahasiswa. silahkan Komentar di bawah semoga kita bisa berdiskusi lebih lanjut...



CONVERSATION

0komentar:

Post a Comment