4 Hak Dasar Anak

Salam Anak Indonesia !
Di catatan ku kali ini aku menyinggung apa itu hak anak?,,sebenarnya hak itu adalah sesuatu yang harus di dapati karena melekat pada setiap individu. Hak Anak adalah sesuatu yang harus dapat terpenuhi oleh seorang anak yang belum berusia 18 tahun. Di dalam hak anak, seorang anak pasti memiliki sebuah kebutuhan tetapi berbeda dengan sebuah keinginan. Kebutuhan anak itulah yang menjadi hak bagi anak agar "harus" terpenuhi..

Dari list 31 hak anak terdapat 4 hak dasar anak. Apa saja sih 4 hak dasar anak itu?

Pertama adalah Hak Hidup, ini adalah hak yang paling dasar bagi anak, apabila hak ini di rampas maka 31 hak anak pun akan mutlak untuk hilang. Hak hidup juga menjadi hak utama dalam Hak Asasi Manusia.

Kedua adalah Hak Tumbuh dan Berkembang, ini adalah hak yang harus di miliki oleh anak seperti makan & minum yang bergizi untuk pendukung tumbuh anak serta bermain di masa kecil anak tersebut untuk memberikan perkembangan yang optimal pada anak. Ketika anak sudah tumbuh dan berkembang secara optimal. Maka anak tersebut akan terdukung kecerdasannya menjadi lebih baik.

Ketiga adalah hak perlindungan, ini adalah hak bahwa anak harus terhindar dari tindak kekerasan atau apapun yang menyebabkan gangguan terhadap anak secara fisik & Psikisnya. Perlindungan terhadap anak adalah di sektor keluarga yang menjadi indikator utama sebagai tanggung jawab orang tua. Seperti contohnya adalah rumah sebagai tempat berlindung dan tempat tinggal.

Keempat adalah Hak Partisipasi, anak adalah seseorang yang berusia dari 0 sampai 18 tahun termasuk anak yang masih dalam kandungan. Kecerdasan anak dalam mengeluarkan pendapat dapat dilihat ketika anak telah berusia 9 s/d 18 tahun pada usia inilah seorang anak dapat berpikir dengan baik dan menjadi masanya untuk mencari jati dirinya. Pada saat itu pula berilah ruang anak untuk berpartisipasi dalam mengeluarkan pendapatnya. Salah satu wadah partisipasi anak adalah bergabung di Forum Anak.

Demikian seulas mengenai 4 hak dasar anak. Apabila ada masukan untuk catatan ini silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih #SalamAnakIndonesia


CONVERSATION

0komentar:

Post a Comment